ASAM-ASAM LELE

ASAM-ASAM LELE - Hallo sahabat Dapur Atom Menyajikan Berbagai Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul ASAM-ASAM LELE, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Daily Menu, Artikel Fish, Artikel Masakan Tradisional, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : ASAM-ASAM LELE
link : ASAM-ASAM LELE

Baca juga


ASAM-ASAM LELE



Sekedar sharing....sebenarnya ini masakan minggu lalu yang rada-rada gagal lho. Bukan gagal karena rasanya yang gak enak, tapi penampilannya aslinya gak begini huhuhuhu. Kalau rasa...beneran deh enak bangeet, sekali masak langsung ludes tak tersisa untuk menu makan siang sekeluarga. Yang bikin salah adalah karena aku memakai terlalu banyak kunyit hiiiks, jadi warnanya terlalu kuning. 

Asam-asam lele ini biasa dibuat oleh Mama. Setiap Mama masak asam-asam lele, pasti rasanya menggugah selera alias enak bangeeet. Biar judulnya asam-asam lele, bukan berarti rasanya asam banget. Rasanya mirip dengan acar ikan atau pesmol ikan, karena bumbu-bumbunya juga mirip. Hanya rasa asamnya diperoleh dari belimbing wuluh dan irisan tomat hijau sehingga rasa asamnya hanya semburat saja. Aslinya asam-asam lele ini warnanya gak sekuning ini lho, tapi cukup putih keruh. Lebih mantap bila disajikan pedas, tapi kalau keluargaku cukup dengan menggunakan cabe rawit utuh dan irisan cabe merah. Silahkan disesuaikan dengan selera keluarga ya. Ada versi asam-asam lele yang kuahnya lebih bening karena tidak memakai kemiri. In shaa Allah lain kali akan disharing juga ya.




ASAM-ASAM LELE

Bahan :
1 kg lele, cuci bersih, kucuri air jeruk nipis dan beri garam. Diamkan sejenak.
2 buah cabe merah, iris serong
10 buah cabe rawit utuh
10 buah belimbing wuluh, iris 1-2 cm
3 tomat hijau, belah 4 bagian
8 butir bawang merah, potong 4 bagian
2 gelas air (bisa ditambah kalau suka kuahnya banyak)
garam dan gula pasir secukupnya
minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus :
10 butir bawang merah
7 siung bawang putih
5 butir kemiri sangrai
1 ruas jahe
1 cm kunyit (aku pakai kurleb 3 cm dan hasilnya terlalu kuning)
1/2 sdt garam

Cara membuat :
- Panaskan minyak secukupnya, goreng lele hingga matang. Angkat dan tiriskan.
- Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. 
- Masukkan cabe merah, bawang merah potong dan belimbing wuluh, aduk hingga rata.
- Tuang air, bumbui dengan garam dan gula dan masak hingga mendidih. Test rasa hingga sesuai selera.
- Masukkan cabe rawit dan lele. Masak sebentar hingga bumbu meresap. Jangan terlalu sering dibalik / diaduk ya agar lele tidak hancur.
- Masukkan tomat, aduk perlahan dan matikan api.
- Siap disajikan hangat.





Aromanya menggoda sekali, nikmaaat. Aku suka memasaknya sesaat sebelum disajikan. Biasanya pagi hari aku siapkan semua bumbu-bumbu, lele juga sudah digoreng. Sesaat sebelum makan siang, baru aku olah. Cepat dan praktis. Walau aku lebih suka menyajikan dalam keadaan hangat, tapi saudara-saudaraku lebih suka menikmati dalam keadaan dingin. Jadi mau panas atau dingin, tetep enak kok hehehe.
Karena penampilan asam-asam lele ini belum sesuai seleraku...ntar ya diposting yang versi baik dan benarnya ^^

Happy cooking..
















Demikianlah Artikel ASAM-ASAM LELE

Sekianlah artikel ASAM-ASAM LELE kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel ASAM-ASAM LELE dengan alamat link https://dapuratom.blogspot.com/2014/04/asam-asam-lele.html

0 Response to "ASAM-ASAM LELE"

Posting Komentar